Pelajar SMP di Sidoarjo Banyak Konsumsi Pil Koplo

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab Sidoarjo, AKBP Supriyanto SH, meminta kepada orang tua siswa agar tak gampang untuk memberikan uang kepada putra-putrinya. Tetapi hendaknya tetap memantau dan mengawasi. Sebab kini banyak pelajar yang masih berseragam SMP yang mengkonsumsi pil koplo.

Menurut AKBP Supriyanto, Kepala BNN Kab Sidoarjo, beberapa waktu ini BNN Sidoarjo sudah kesekian kali memberikan pembinaan kepada sejumlah siswa pelajar SMP di Kab Sidoarjo, yang tertangkap tangan mengkonsumsi pil koplo.

”Keberadaan mereka ini, atas informasi dari sekolah dan orang tuanya sendiri,” kata Supriyanto, kemarin.

Data sementara, kata anggota polisi ini, BNN Sidoarjo sudah membina pelajar SMP dari lima SMP swasta di Kab Sidoarjo. Alamat SMP tidak ia sebutkan, karena menurutnya nanti akan bisa mengurangi nama baik sekolah yang bersangkutan.

Supriyanto juga menjelaskan, para pelajar SMP yang mengkonsumsi pil koplo ini biasanya secara berkelompok. Misal sampai ada 15 siswa. Karena itu, pelajar yang ditanya alasan memakai pil koplo ini selalu menjawab, karena diajak teman dan ingin coba-coba.

”Ini harus dicegah sejak dini, bagaimana nanti massa depan mereka,” kata ayah satu orang putri ini.

Untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba itu, menurut Supriyanto, semua masyarakat harus terlibat. Tak hanya dari BNN Sidoarjo saja, tapi juga orang tua dan Pemkab Sidoarjo, khususnya Dinas Pendidikan sebagai dinas terkait.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Bupati Sidoarjo yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kab Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto, mengatakan, kalau orang tua dan pihak sekolah jangan sampai lengah dalam pengawasan pada anak-anaknya. ”Berat ini kalau anakSMP sudah memakai Narkoba,” katanya.

Karena itu, dari pihak sekolah diminta agar sering melakukan pembinaan dan sering mengingatkan pelajar akan bahaya Narkoba dalam berbagai kesempatan.[lut]

You may also like...